FORM PARTNER
Isi Data Website Anda
KIRIM CHAT

Lebih Update Tentang Sustainable Fashion dan Gaya Lokal Indonesia Terkini Bersama Laruna.id

Fashion dan Gaya Lokal Indonesia Terkini

DiaryPria.com | Laruna.id -
kebutuhan fashion saat ini menjadi prioritas bagi sebagian banyak orang dan semakin berkembangnya zaman banyak dari mereka mulai sadar akan pentingnya dalam memperhatikan kualitas style dan fashion yang mereka gunakan. 

Selain ingin tampil lebih menarik, setiap style dalam fashion dapat mempengaruhi kelas seseorang di ranah sosial apalagi tren fashion ini dapat lebih mudah menjangkau publik melalui media sosial, sehingga banyak orang tidak ragu untuk membeli produk fashion kelas atas untuk menunjukkan kualitas diri mereka dalam hal gaya dan berpakaian. 

Banyak orang yang sangat tertarik terhadap fashion dan inovasi-inovasi yang lain tetapi sebagian dari mereka tidak memahami aspek ramah lingkungan, menuntut UMKM untuk membuat inovasi style fashion terbaru tanpa adanya literasi tentang sustainable fashion, justru sebagai masyarakat kita harus bisa memahami ini. 

Ini momen yang tepat bagi kami Diary Pria yang juga memiliki niche/kategori di bidang Fashion dan sangat tertarik untuk ikut serta dalam berbagi pengetahuan di dunia fashion bersama Laruna Indonesia Fashion Forum yang menjadikan momen ini sebagai kesempatan terbaik dalam mengedukasi masyarakat untuk lebih update mengenai Sustainable Fashion dan Gaya Lokal Terkini. 

Mengapa Fashion Penting? 

Zaman dulu kebutuhan fashion masih sangat rendah jika dibandingkan sekarang, karena waktu itu belum ada yang namanya sosial media di mana hal itu bisa mudah menghubungkan banyak orang dengan informasi dalam satu waktu seperti saat ini. 

image unsplash.com

Gaya lokal orang dulu dari masing-masing negara sangat berciri khas yang pada akhirnya menjadi inspirasi dari hadirnya Fashion pada hari ini. 

Manfaat dari digital dan teknologi yang menghadirkan sosial media sekarang dapat merangkul setiap mobilitas masyarakat tanpa melihat status sosial mereka dan selalu memberikan informasi yang signifikan terkait Gaya Lokal dari setiap negara dan inilah alasan kenapa fashion menjadi sebuah kebutuhan dan dalam arti yang lain sangat penting untuk diikuti. 

Masuknya Industri Fashion Di Tanah Air

Seperti yang kita tahu bahwa berkembangnya industri fashion di Tanah Air dimulai dari peran penting negara-negara barat khususnya Eropa, industri mereka tidak pernah kehabisan ide dalam mengusung kreatifitas untuk membuat produk fashion mereka, misalnya gaun dan juga jas hitam. 

Salah satu inspirasi dari hadirnya Gaya Lokal Indonesia Yang Ramah Lingkungan

Tentu saja bukan hanya di beberapa negara, inspirasi yang diambil dari Eropa juga memberikan dampak positif dari hadirnya Gaya Fashion Lokal di Indonesia, hadirnya informasi terkini dan kreatifitas yang tanpa batas menciptakan akulturasi atau penggabungan budaya antara Eropa dan Tanah Air, contohnya saja Gaun Batik. 


Pada awalnya batik hanya berupa sarung dan juga kebaya yang dibuat menggunakan zat pewarna sintetis, tapi kreatifitas anak muda di Indonesia membuka kesempatan bagi mereka untuk lebih terampil dan lebih peduli terhadap sustainable fashion dengan menggunakan metode batik ecoprint. 

Jelas ini adalah pencapaian yang membanggakan negeri, di mana batik bisa diinovasikan seperti gaya Eropa tanpa meninggalkan sifat dari batik itu sendiri sebagai kebudayaan Nusantara. 


Selain nyaman digunakan, pembuatan batik ini cenderung ramah lingkungan karena menggunakan metode ecoprint jadi limbah yang dihasilkan cenderung lebih sedikit dibandingkan batik yang menggunakan zat pewarna sintetis, dan ini bisa dikategorikan sebagai sustainable fashion. 

Dengan inspirasi ini akhirnya Indonesia dapat bersaing dengan produk dan merek buatannya sendiri melalui produk sepatu, jam tangan, bahkan kemeja dari batik yang dibuat dengan ciri khas kental sebagai upaya cinta produk Tanah Air. 

Selain Gaun dan Kemeja Batik, Apa Gaya Lokal Indonesia Yang Lain? 

Tidak ingin kalah dari negara-negara barat dalam hal Style, UMKM Indonesia juga bersaing dan membuat merek produk style fashionnya sendiri yang berhasil Go International, salah satu contohnya adalah Erigo. 

Berbicara tentang Gaya Lokal Indonesia tentu saja tidak terlepas dari brand lokal Indonesia yang mendunia karena hal itu sangat terkait dan tidak bisa dipisahkan, Tidak dapat dipungkiri kalau brand Erigo menjadi Local Style Indonesia terkini dan juga terpopuler tidak hanya di Indonesia tapi juga di Mancanegara. 


Selain mengusung beberapa produk yang bertemakan batik seperti kemeja batik, erigo juga mulai memperkenalkan identitas produknya seperti casual fashion yang pada akhirnya banyak memiliki peminat dari anak muda hingga orang-orang dewasa. 

Kami yakin bahwa Laruna sebagai pelopor Fashion Forum di Indonesia setuju dengan pernyataan di atas bahwa brand Lokal memang layak menjadi Local Style di negeri sendiri, selain atas dasar cinta produk dalam negeri juga sebagai bentuk dukungan agar selalu bisa bersaing dalam pasar internasional.

Haruskah Gaya Lokal Selalu Hadir Dengan Membawa Nilai Kebudayaan? 

Jawabannya tidak harus, kenapa? Terkadang akulturasi yang menggabungkan 2 kebudayaan menjadi satu, dalam perkara lain bisa kehilangan ciri khas dua budaya tersebut dan melahirkan kebudayaan yang sebelumnya tidak pernah ada tapi uniknya hal itu bisa menjadi ciri khas gaya lokal terbaru yang berkembang di suatu negara. 


Hal itu bisa disebut sebagai asimilasi di mana 2 budaya yang bercampur tersebut kehilangan sifatnya dan menciptakan budaya baru, gaya baru, dan fungsi yang baru. Asimilasi dalam hal fashion bisa ditujukan pada baju koko yang saat ini banyak digunakan.

Sebelumnya baju koko fungsinya bukan untuk beribadah melainkan pakaian sehari-hari orang-orang di negara china tapi saat ini menjadi salah satu style yang hadir untuk digunakan dalam beribadah. 

tapi jika gaya lokal memang bisa selalu dihadirkan dengan nilai kebudayaan Nusantara, hal itu tetap harus diusahakan oleh para pengembang fashion di Tanah Air. 

Apakah Gaya Fashion Lokal Tetap Bisa Mengikuti Perkembangan Zaman? 

image istockphoto.com

Berbicara perkembangan zaman tentunya tidak terlepas dari inovasi dan inspirasi, Indonesia perlu mengembangkan generasi-generasi penerus yang mahir dalam hal berkreasi dan dinamis mengikuti perkembangan zaman. 

Tentunya gaya lokal di indonesia akan tetap relevan sampai kapanpun selama berpegangan teguh pada kreatifitas dan inovasi yang akan merangkul sifat kebudayaan itu sendiri, jadi inovasinya dapat dan nilai kebudayaannya tetap melekat erat, itu yang disebut gaya lokal berciri khas. 

Saya yakin UMKM dalam bidang fashion di Tanah Air ini akan tetap memberikan sebuah kualitas dari gaya lokal yang akan relevan sampai kapanpun, memuaskan masyarakat dalam hal style fashion, dan tetap bisa bersaing secara internasional. 

Tidak Membatasi Terwujudnya Sustainable Fashion/Fashion Ramah Lingkungan

Meskipun membutuhkan kreatifitas tinggi dalam menciptakan style yang fashionable, keharusan UMKM yang menjadi pengembang Fashion harus tetap teliti terhadap dampak dari produksinya terhadap lingkungan sekitar.

Memperhatikan setiap bahan-bahan produksi yang tentunya harus ramah lingkungan adalah hal yang perlu diberi perhatian khusus agar tidak berdampak negatif kedepannya.

image greenbusinessjournal.co.uk

Selain itu fashion yang ramah lingkungan bisa memanfaatkan sampah-sampah yang layak diolah kembali sebagai sebuah mahakarya lokal yang kualitasnya layak bersaing, menjadikan lingkungan lebih bersih dan inovasi fashion lokal tetap ada. 

Harapan Saya Sebagai Penikmat Gaya Fashion Lokal

Memang sulit mengembangkan inovasi yang sebelumnya sudah ada dan berkali-kali diperbarui, tentu itu membutuhkan tingkat kreatifitas tinggi agar bisa relevan dengan masyarakat dan perkembangan waktu. 

Inovasi juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar, karena jika sedikit saja lengah dalam hal berinovasi sampai tidak memperhatikan kondisi lingkungan, banyak hal yang akan dirugikan dan tentu inovasi dalam fashion harus berjalan beriringan dengan asas ramah lingkungan. 

Bukan hanya saya tapi kita semua memiliki harapan yang sama agar para pengembang produk fashion lokal di negeri ini tetap bisa memberikan gaya lokal yang terbaik bagi kebutuhan fashion masyarakat mulai dari kualitas, harga yang ramah di kantong, dan juga menarik secara penampilan serta karakter. 

Lebih Update dalam Fashion dengan menjadi Kontributor Laruna.id

Laruna.id memberikan kesempatan bagi kamu untuk menjadi kontributor mereka apalagi kamu yang memiliki minat dalam fashion sangat cocok untuk menjadi bagian dari laruna.id.

Banyak hal nanti yang akan kamu dapatkan dan pelajari dengan menjadi kontributor mereka. Kamu bisa langsung mendaftar di tautan ini https://laruna.id/contributor/ dengan mengisi formulir yang disediakan nanti di website mereka. 

Ucapan Terima Kasih

Momen ini yang saya tunggu sejak dulu untuk bisa berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya fashion pada zaman ini yang berkaitan erat dengan nilai-nilai budaya Nusantara. 

Terima Kasih untuk pihak laruna.id telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menuangkan pemikiran saya dalam bidang yang sedang saya pelajari dengan sungguh-sungguh, dan tentu sekali lagi untuk mengedukasi masyarakat betapa pentingnya memperhatikan penampilan dengan gaya berpakaian sebagai salah satu wujud perkembangan zaman. 

Terima kasih bagi para pembaca dan sampai jumpa. 
Lebih Update Tentang Sustainable Fashion dan Gaya Lokal Indonesia Terkini Bersama Laruna.id

Related Posts