FORM PARTNER
Isi Data Website Anda
KIRIM CHAT

Mengatasi Nyeri Otot Setelah Latihan Beban

mengatasi nyeri otot
img src: pexels.com

DiaryPria.com - nyeri otot setelah mengangkat beban atau berolahraga adalah hal yang wajar bagi para fitness mania. Hal ini dikarenakan otot-otot yang dilatih mengalami robekan kecil pada serat-serat otot yang mengakibatkan nyeri di area otot atau biasa disebut DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) yang bisa berlangsung berhari-hari.

Dan DOMS sendiri lebih banyak terjadi pada orang-orang yang jarang melakukan latihan otot lalu mencoba melakukannya kembali dan terjadilah efek kejut pada otot setelah melakukan repetisi angkat beban.

Untuk mengatasi nyeri otot ada banyak cara sebenarnya, dilansir oleh laman Sfidnfits dan Alodokter, berikut 4 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Latihan Beban, mari kita simak.

1. Melakukan Peregangan 

Dengan melakukan peregangan setelah latihan beban dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi stabil.

Ketika melakukan latihan beban dan terasa nyeri pada otot disarankan untuk diam sejenak 1-2 menit lalu setelah itu lakukan peregangan 2-3 menit, maka nyeri otot yang terjadi berangsur-angsur akan menghilang atau setidaknya meringankan nyeri pada otot.

2. Konsumsi Makanan Berprotein

Otot yang mengalami nyeri setelah latihan beban biasanya mengalami robekan kecil pada serat-serat otot, tapi jangan khawatir karena hal itu adalah hal yang wajar sebetulnya dan justru adalah momen yang tepat untuk mengonsumsi banyak dari sumber protein untuk memperbaiki robekan-robekan pada serat otot tersebut.

Protein adalah sumber makanan terbaik untuk pembentukan massa otot. Otot yang sobek membuang sel-sel yang rusak dan dengan konsumsi protein akan ditambal kembali dan menjadi serat otot yang lebih kuat dari sebelumnya.

3. Kompres Dengan Es Batu

Mengompres dengan air dingin atau es batu dapat mengurangi nyeri saat pembengkakan otot terjadi. Caranya, cukup bungkus es batu dengan handuk lalu tempelkan pada area otot yang sedang mengalami nyeri, lakukan cara tersebut 1-2 menit hingga nyeri otot perlahan menghilang atau berkurang.

4. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Dan dari semua cara di atas, mencukupi kebutuhan istirahat setelah olahraga latihan beban adalah hal yang paling penting. Pembentukan massa otot dan juga penyembuhan sel-sel yang rusak akibat robekan pada serat otot akan dilakukan oleh tubuh waktu kondisi sedang dalam istirahat.

Tidur yang cukup antara 7-8 jam adalah hal yang sangat diharuskan bagi siapapun yang melakukan olahraga latihan beban untuk membentuk massa otot dan menyembuhkan nyeri pada otot.

Itulah 4 cara mengatasi nyeri otot setelah latihan beban, dan dengan membaca tips di atas kita tidak bingung lagi hal apa yang harus dilakukan saat mengalami nyeri otot setelah berolahraga. 
Mengatasi Nyeri Otot Setelah Latihan Beban

Related Posts