FORM PARTNER
Isi Data Website Anda
KIRIM CHAT

17 Cara Membentuk Otot Perut Secara Maksimal

Membentuk Otot Perut Secara Maksimal
sumber: istockphoto.com

DiaryPria.com - membentuk otot perut adalah hal yang susah-susah gampang artinya tidak terlalu sulit atau terlalu mudah untuk dilakukan namun, dengan konsistensi tentunya memiliki otot perut yang terlihat sangar bisa dimiliki oleh semua orang.

Berikut ini Bromin sajikan 17 cara bagaimana membentuk otot perut secara maksimal yang bisa kamu coba! 

1. Latihan Plank

Plank adalah latihan isometrik yang melibatkan menahan posisi tubuh lurus dari kepala hingga kaki selama beberapa detik untuk memperkuat otot perut. Umumnya dilakukan selama 1 menit tapi jika kamu melakukannya 30 detik tidak masalah, sesuai kemampuan setiap orang.

2. Sit Up

Sit-up melibatkan mengangkat tubuh atas dari posisi berbaring dengan kaki tertekuk untuk melatih otot perut. Cara ini mungkin lebih beresiko terkena cedera namun jika kamu melakukannya dengan benar tentu ini akan memaksimalkan progress kamu.

3. Crunches

Crunches adalah variasi dari sit-up yang lebih fokus pada otot rektus abdominis. Ini melibatkan mengangkat bahu dari lantai.

4. Russian Twists

Latihan ini melibatkan duduk dengan lutut ditekuk, kemudian memutar tubuh dari sisi ke sisi untuk melatih otot perut.

5. Leg Raises

Leg raises adalah latihan yang melibatkan mengangkat kaki lurus dari posisi berbaring untuk menguatkan otot perut bagian bawah.

6. Bicycle Crunches

Latihan ini meniru gerakan bersepeda dan melibatkan rotasi tubuh untuk melatih otot perut secara menyeluruh.


 

7. V-Ups

V-Ups melibatkan mengangkat kaki dan tubuh atas untuk membentuk bentuk "V" dengan tubuh kamu.

8. Oblique Crunches 

Ini melibatkan crunches dengan rotasi untuk melatih otot samping perut. Dalam dunia fitness bisa otot bagian samping perut disebut dengan Oblique Muscle

9. Deadlifts

Deadlifts adalah latihan pengangkatan beban yang melibatkan otot perut dan punggung bawah. Selalu teliti untuk melakukan deadlifts karena jika salah cedera yang dihasilkan akan menjadi masalah serius.

10. Squats

Squat melibatkan gerakan menekuk lutut dan pinggul, yang melibatkan otot perut dan punggung bagian bawah.

11. Berenang

Berenang adalah aktivitas yang efektif untuk menguatkan otot perut dan seluruh tubuh. Sekaligus untuk mengurangi kadar lemak di bagian perut sehingga otot perut secara tegas terlihat.

12. Cardio

Latihan kardio membantu membakar lemak, termasuk di daerah perut, sehingga otot Anda lebih terlihat. Seperti poin sebelumnya, berenang adalah kardio kedua terbaik setelah jogging.

13. Nutrisi Seimbang

Pola makan yang sehat membantu mengurangi lemak perut dan mendukung pertumbuhan otot. Dan juga membentuk mindset kita pentingnya menjaga pola makan yang mempengaruhi kebugaran tubuh kita.

14. Minum Air Secukupnya

Hidrasi yang baik penting untuk metabolisme yang sehat dan membantu mengendalikan nafsu makan. Setiap orang memiliki kebutuhan hidrasinya masing-masing dan itu bisa diukur dengan berat badan masing-masing orang lalu dikalikan 40cc untuk mendapatkan jumlah ml yang dibutuhkan.

15. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang berkualitas adalah kunci untuk membentuk massa otot. Pemulihan otot akan berlangsung saat kita tidur, sehingga massa otot lebih cepat bertambah dan padat.

16. Pengurangan Stres

Stres dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. Jadi perlunya pengetahuan untuk meminimalisir stres yang terjadi adalah hal yang penting saat ini, ini akan membantu kita memaksimalkan progress yang telah kita lalui.

17. Konsistensi

Kunci utama adalah latihan rutin dan konsisten. Tidak masalah jika kamu hanya mampu mengangkat dumbel seberat 1 kg secara rutin walau dengan repetisi dan jumlah set yang sedikit, daripada tidak mencoba sama sekali.

17 cara di atas dapat membantu kamu mendapatkan otot perut yang kamu inginkan! 

Dan selalu untuk perhatikan setiap batas dari kemampuan saat melatih otot perut ini, karena kunci utama dalam pembentukan otot terletak pada konsistensi, pola makan, dan tidur yang berkualitas.
17 Cara Membentuk Otot Perut Secara Maksimal

Related Posts